Selasa, 25 Mei 2010

7 DEADLY BINS

Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mmpelajari kesalahan mereka.


1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)

Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.

Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.

Cara menghindar kesalahan :
- jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.

2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)

Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.

Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.

Cara menghindar kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.

3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)

Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.

Cara menghindar kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)

Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.

Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)

Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.

Apa yg salah :
4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.

Cara menghindar kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)

Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.

Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).

Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)

Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.

Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.

Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)

Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :

Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%

Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%

-------------------------------------------------------------
artikel investigasi khusus ini disadur bebas dari kolom Feature "Stop Crashing" Superbike Magazine edisi April 2007 halaman 62, berjudul
"7 Deadly Bins and How to Avoid them", ditulis oleh Dave Bradford, foto oleh Graeme Brown & ilustrasi oleh Huw Willia

Selasa, 18 Mei 2010

DESAIN FINAL ROMPI HMC MANADO


Inilah Desain Akhir untuk Rompi Resmi HMC Manado
Harga : 100rb / bh
Contact Person untuk pemesanan :
- Anggun (085240234576)
- Anggi (081340207245)

Ukuran S-M-L-XL-XXL
Ukuran XL
- Lebar badan (dr bawah ketiak kiri-kanan) = 60 cm
- Panjang badan = 70 cm

Ukuran L
- Lebar badan (dr bawah ketiak kiri-kanan) = 54 cm
- Panjang badan = 64 cm

Ukuran M
- Lebar badan (dr bawah ketiak kiri-kanan) = 48 cm
- Panjang badan = 58 cm

Ukuran S
- Lebar badan (dr bawah ketiak kiri-kanan) = 42 cm
- Panjang badan = 46 cm

Bagi yang sudah memesan, harap segera dilunasi (PALING LAMBAT tgl 29 Mei 2010) agar bisa segera naik produksi.

Bagi yg ingin memesan, bisa sms/telepon ke Contact Person diatas dengan menyebutkan jumlah dan ukuran Rompi yg dipesan.

Bagi yg sudah memesan tapi belum memberikan ukuran pesanan, SEGERA sms/telepon ke CP diatas.

Terima kasih

-Admin- (WIRA666)

Honda Motorcycle Price List


  • Price apply at Jabodetabek area.
  • New motorcycle price base on survei from many dealers at Jakarta. Price apply "On The Road" , except mark as *
  • Used motorcycle price base on average price at Poskota and Kompas. The actual price can be big different, depend on condition, year, any modification, seller purpose, etc.
  • The prices update monthly.

Report Price List May 2010

Diff = price this month - price last month
(+ increase , - decrease, in IDR)

  • New Motorcycle Prices

Type
OTR Price (IDR)
Diff Price (IDR)
Beat CW
12.500.000
0
Beat SW
12.000.000
0
Blade
13.850.000
0
New CS One
17.250.000
0
New Mega Pro CW
20.590.000
0
New Mega Pro Std
19.440.000
0
New Tiger CW
24.890.000
0
Revo CW ABS
13.200.000
0
Revo DX ABS
13.800.000
0
Revo Std ABS
11.850.000
0
Supra X 125 CW
15.425.000
0
Supra X 125 PGM F1 CW
16.430.000
0
Supra X 125 Std
14.400.000
0
Vario CBS Techno
15.790.000
0
Vario CW
14.950.000


Be Automatic Brotherhood: HONDA BEAT CLUB!

by Stephen Langitan.

IMG_0379

Test Ride Honda Beat

Jakarta, 22 Juni 2009. Siapa sih yang tak kenal dengan Honda Beat?

Motor matic keluaran PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) ini, semakin disukai, dikenal dan konon makin merajalela di pasaran motor matic Indonesia.

Pertengahan tahun, tepatnya dibulan Juni 2009 ini adalah usia satu tahun bagi kehadiran Honda Beat (lihat artikel pendukung).

Sudah tentu bulan Juni ini, adalah juga bulan yang penuh dengan kejutan khususnya bagi anak-anak sekolah yang ingin mendapatkan hadiah naik kelas atau hadiah kelulusan SMP atau SMA-nya.

Sepanjang pekan lalu, penulis blog ini bulak-balik datang ke sebuah sekolah melakukan pendaftaran tahun ajaran baru atau dikenal dengan “Penerimaan Peserta Didik Baru 2009/2010.” Ya, tidak lain lagi mengurus pendaftaran sekolah bagi sang anak yang ingin masuk ke sekolah SD negeri di kawasan Jakarta Selatan.

Apa yang dapat disaksikan?

Justru yang menarik ketika melihat halaman parkir sekolah dan kesibukan atau lalu lalang motor yang bisa dibilang “kebanyakan” adalah motor-motor kelas matic, dan salah satunya adalah jenis Honda Beat ini.

Wouw.. luar biasa melihat jumlah motor matic yang sudah sangat menjamur di kalangan anak-anak sekolahan. Motornya mungil, bahkan terlihat pas dengan ukuran anak tanggung, dan motor ini jelas sangat mudah dikendarai karena mesin matic. Sebaliknya bagi penulis, pengalaman ketika menunggang motor ini terasa sangat kecil. Lihat aja gambar diatas. :-)

Yuk mari kita selidiki lebih jauh tentang klub atau komunitas Honda Beat di Indonesia. Siapa tau ada teman-teman yang sudah punya Honda Beat tapi masih malu-malu bergabung dengan Honda Beat Club.

HondaBeat Logo

http://www.honda-beatclub.org/

Senin, 10 Mei 2010

HMC MANADO menjajah kotamobagu









"menjajah" kotamobagu..pada saat itu kebetulan ada event honda...
walopun ada sedikit "indsiden" tapi kita akhirnya selamat sampe di kotamobagu///

hehehehehhehehehe

HMC (HONDA MATIC COMMUNITY) MANADO

HMC (honda matic community)
HMC adalah singkatan dari Honda Matic Community yang berdomisili di Manado. HMC merupakan representasi dari kecintaan para pengguna motor matic Honda, yang terdiri dari Vario dan Beat.

Bermula dari keinginan dan harapan beberapa orang, maka HMC mulai dibangun dan dibentuk dengan anggota awal sebanyak 4 orang, dan "Kopi Darat" perdana dilakukan di depan Cafe Boulevard. Kemudian lokasi kopdarpun berpindah ke kompleks pertokoan Mega Mas selama beberapa pekan, dan akhirnya lokasi berpindah lagi ke Jl. Boulevard, tepatnya diseberang Cafe Boulevard Jl. Boulevard, Manado.

HMC mulai merekrut anggota-anggota baru dengan menyebarkan brosur, baik dengan cara pemberian langsung (pengejaran di jalan) maupun dengan cara menyelipkan di kendaraan-kendaraan yg sedang parkir. Dengan harapan HMC ini akan semakin berkembang dikemudian hari.

Dan dengan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa pada hari Sabtu 29 Agustus 2009 bertempat di MANTOS Manado, Honda Matic Community akhirnya diresmikan bersamaan dengan peluncuran Honda Vario dan Beat tipe baru. Semoga dengan peresmian ini bukan menjadi akhir dari perjuangan HMC tetapi malah menjadi semangat untuk menambah anggota baru dan membangun HMC menuju komunitas yang berguna bagi anggota dan lingkungan. So, Bergabunglah dengan kami....!!!!!

"KOPDAR"

Jl. Pierre Tendean (Boulevard), Manado
Setiap Sabtu malam, mulai pk. 20.00 s.d selesai
Contact Person :
- Anggi (081340207245)
- Danu (08562693248)
- Hendra (081244664046)