Kamis, 03 Juni 2010

Posisi Duduk Tegak Lurus Dapat Membuat Berkendara Jadi Lebih Baik

Apakah anda pernah melihat ketika sekumpulan bikers sedang berkumpul. Coba lihat dengan seksama dan anda akan menyadari bahwa mereka adalah sekumpulan orang bungkuk. Tapi kabar baiknya adalah postur buruk ini bukan hanya dimiliki oleh pengendara motor saja. Kabar buruknya penyebab terbesar kebungkukan tersebut bukan karena kemalasan tapi karena cara duduk ketika mengendarai motor.

Cara duduk lama tersebut dapat menimbulkan masalah pada tulang punggung. Selain itu dapat memperpendek urat lutut, otot perut, dan otot leher dan dapat memperpanjang punggung atas, punggung belakang dan otot lengan. Semua gangguan kecil tersebut akan menambah kemungkinan buruknya postur tubuh.
Kalau kita pikir, kerangka kita itu hanyalah sekumpulan tulang yang disatukan oleh otot-otot dan pelengkapnya. Panjangnya pelengkap tersebut dan kesehatan dari otot berpengaruh terhadap keseluruhan posisi kerangka atau postur tubuh. Banyak orang tidak menyadari bahwa duduk dengan cara : menyilang kaki, melipat kaki, atau cara khusus apapun atau melalukan suatu kegiatan fisik secara berulang-ulang dapat mengganggu keseimbangan kekuatan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya.

Di jaman modern ini kita banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi. Coba anda pikir : berangkat duduk di dalam mobil, motor atau sepeda dalam perjalanan ke tempat kerja, lalu duduk seharian saat kerja. Sesampai di rumah anda beristirahat dengan cara duduk di sofa. Coba bayangkan tentang keseimbangan antara bagian punggung dan bagian dada. Sakit punggung sama dengan sakit leher. Sakit pada leher bisa berkaitan dengan kaku pada jari. Dan jangan lupa bahwa darah mengalir ke tangan semua saling berhubungan.

Jika anda mengendarai sportbike anda tidak bisa merubah banyak posisi saat ada di atas motor, setelah itu mungkin anda membutuhkan usaha ekstra untuk meregangkan leher agar merasa lebih baik. Tentunya tidak semua orang memiliki posisi buruk saat duduk. Tapi kebanyakan yang pengendara membungkukan badan, punggung ditekuk dan bahu naik.

Keseimbangan itu Penting
Keseimbangan itu penting. ketika pengendara merasakan posisi yang nyaman dan relaks saat itu anda akan merasakan manfaatnya di kemudian hari. "Jika kita dalam perjalanan touring dan mampir di pom bensin sepanjang perjalanan lakukanlah stretching, melakukan gerakan-gerakam badan yg menyenangkan dan merasa enak sampai 6 jam kemudian" ujar Alfonso Moretti. Sedangkan teman-teman saya lainnya sesama pengendara mengeluh sakit pada punggung."

"Jika kamu mengendarai sportbike anda tidak bisa merubah banyak posisi saat ada di atas sepeda, setelah itu anda membutuhkan usaha ekstra untuk meregangkan leher agar merasa lebih baik"

"Tujuan saya disini untuk memberi petunjuk agar para pengendara menjadi lebih nyaman, dengan cara yg sehat. Mungkin dengan membantu anda sekalian untuk mengubah satu atau beberapa kebiasaan buruk, atau menunjukkan contoh yg sederhana latihan efektif maka nanti dapat mengurangi sakit punggung, sakit pada leher dan masalah-masalah yang berkaitan lainnya. Saya yakin perubahan kecil ini dapat meningkatkan tidak hanya cara mengendarai sepeda motor anda tapi juga waktu hidup anda. Saya yakin, anda akan merasa lebih baik." begitu ujar Alfonso Moretti dalam sebuah tulisannya untuk sebuah majalan sportbike.

Jadi maukah anda merubah posisi duduk anda untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik ???. (DeadEnd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar